Nusantara View

Posted by Taurisa (SI2005) on December 17, 2008

Huaah.. setelah sekian lama gak posting, akhirnya sore ini bisa juga menyempatkan waktu buat menghias blog tercintaku dengan serangkai kata :D Ok, kali ini aku mau berbagi cerita tentang project Nusantara View, Sebuah project Tugas akhir yang tengah dikerjakan oleh 6 orang mahasiswa Sistem Informasi ITS Surabaya. Mereka adalahKiki AhmadiMuhak, Angga Rajasa, Ferry, Taufix dan juga yang punya blog ini.  Hmm… lalu supervisornya sapa dunkz..?? Kebetulan kali ini kami didampingi oleh seorang dosaen yang hebat, beliau adalah ibu Nur Aini Rakhmawati,  salah satu pengembang Joomla! Apa sih nusantara view? bisa buat apa ya? pake teknologi apa aja sih? Santai jeh.. yuk kita bahas satu satu..

Logo Nusantara ViewLogo Nusantara View

Nusantara View

Nusantara view merupakan sebuah aplikasi katalog pariwisata berbasis web  yang dinamis dan terintegrasi.  Aplikasi  ini menggunakan teknologi web 2.0 yang mampu menggabungkan data dari berbagai sumber  dalam satu tool yang terintegrasi. Wiii… kayaknya keren tuh (yup.. tp bikinnya yang sulit :D ) Naah.. Informasi apa saja yang nantinya akan ditampilkan di Nusantara View?? Hmm… terdapat beberapa informasi yang nantinya akan ditampilkan pada aplikasi ini, diantaranya adalah informasi tentang tempat wisata itu sendiri ( diambil dari blog dan berita ), informasi cuaca, event, transportasi, hotel dan resto. serta tidak ketinggalan akan disertakan pula fitur social networking sehingga para pengunjung Nusantara view mampu berinteraksi satu sama lain. Project ini menggunakan Joomla! dan PHP sebagai dasar pengembangannya. Okey.. Teknologi apa saja yang digunakan ?? ada beberapa teknologi yang digunakan dalam project ini, diantaranya adalah mashup, google map, yahoo pipes, RSS/ATOM dan JSON.

Mashup
Mashup, atau mungkin secara spesifik disebut dengan web application hybrids olehWikipedia, telah menjadi tren yang yang sangat menarik dalam dunia aplikasi web beberapa tahun terakhir ini. Web mashup seperti juga nama yang digunakan, merupakan sebuah aplikasi web yang menggabungkan data dari berbagai sumber yang berbeda dan menyajikannya dalam bentuk yang berbeda. Seringkali, pemilik website yang digunakan sebagai rujukan data menyediakan API ( Application Programming Interfaces ) untuk data yang mereka miliki. API ini mengikuti standar protokol web service dan dapat diimplementasikan secara mudah dan cepat pada berbagai macam bahasa pemrograman, termasuk PHP.

Salah satu contoh adalah Wii Seeker site. Ketika Nintendo Wii diluncurkan pada bulan November 2006, banyak orang yang tahu bahwa barang ini akan laris di pasaran dan mengalami kekurangan pasokan. Tujuan dari Wii Seeker site adalah untuk membantu calon pembeli Nintendo Wii menemukan toko yang masih menyediakan barang ini dengan melakukan kombinasi antara persediaan pasokan pada toko dan teknologi Google Maps. Sebuah tanda pada peta Google Map menunjukkan sebuah toko retail Nintendo Wii. Ketika pengguna melakukan klik pada tanda tersebut, maka akan ditampilkan informasi mengenai toko tersebut seperti alamat toko. Selain itu mereka juga akan mengetahui jumlah Nintendo Wii yang masih tersedia di toko tersebut pada hari itu. Dengan merepresentasikan data jumlah inventori secara numerik pada peta tersebut, pengguna dapat mengetahui toko terdekat dari tempat tinggal mereka dan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan Nintendo Wii.

Wii Seeker SiteWii Seeker Site

Gimana guys..?? udah nyambung belum nih? klo emng ada yang kurang jelas, monggo kasih pertanyaan di bagian komentar. OK? Nanti akan saya jawab sampai anda bnr2 ngerti ( sekalian latihan sidang TA, huehehe…)

OK guys… Spertinya gak enak klo kita bahas semuanya pada satu postingan. So, sampai jumpa pada postingan berikutnya.. Ditunggu saran dan kritikny, thx.

sumber : http://taurisa.wordpress.com/2008/12/17/nusantara-view/

Tags:

About hattabagus

Ordinary People who always learn about life. There must be some reason why he lives. Useful to others and what he believes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: